Home » Pendidikan » Kepala Sekolah Curhat kepada Asrizal H Asnawi

Kepala Sekolah Curhat kepada Asrizal H Asnawi

08.24.2021
Share Berita

Keterangan Foto:
Foto bersama para kepala sekolah SMA dan SMK se-Aceh Tamiang bersama Anggota DPR Aceh, Asrizal H Asnawi, usai kegiatan Reses di Sawah Caffe Karang Baru, Senin sore (23/8/2021).

SUARAPUBLIK.CO.ID – Sejumlah Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Aceh Tamiang, mencurahkan isi hatinya kepada Anggota DPR Aceh dari Fraksi PAN, Asrizal H Asnawi.

Para kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) Aceh Tamiang tersebut, mengurai kendala yang dihadapi selama proses belajar mengajar, termasuk ikhwal sarana dan prasana pendidikan, khususnya di sekolah pedalaman.

Curhatan para kepala sekolah tersebut, berlangsung pada kegiatan Reses Anggota DPRA Dapil VII Aceh (Kota Langsa dan Aceh Tamiang), Asrizal H Asnawi, yang dilaksanakan di Sawah Caffe Karang Baru, Senin, 23 Agustus 2021.

“Kami yang mengabdi di sekolah pedalaman, cukup sulit akses arus listrik. Karena, kerap padam. Ini menganggu proses kegiatan di sekolah,” keluh Kepala SMAN 3 Kejuaraan Muda, Suheri.

Suheri yang didapuk sebagai Ketua MKKS Aceh Tamiang ini juga meminta kepada Asrizal H Asnawi, agar memperjuangkan sarana dan prasarana penunjang pendidikan di sekolah-sekolah lanjutan tingkat atas tersebut.

Menurutnya, masih terdapat beberapa sekolah yang belum miliki ruang kelas belajar yang memadai. Begitu pula, prasarana lain seperti komputer, ketersediaan arus listrik yang cukup, sarana olahraga, mushalla, pagar sekolah dan lainnya.

Lain itu, dia berharap agar Pemerintah Aceh bisa melihat secara detail skala perioritas dalam menyediakan fasilitas sekolah. Dimana, selama ini terkesan menumpuk pada sekolah-sekolah favorit semata.

“Penumpukan ini menjadi konflik sosial. Sekolah favorit menumpuk pembangunan. Sekolah pedalaman, tidak dapat apa-apa. Padahal, peserta didik di daerah pelosok miliki hak yang sama dalam hal fasilitas sekolah,” imbuhnya.

Tambah Suheri, persoalan lain adalah sekolah yang sudah disurvei oleh konsultan perencana, tapi tidak kunjung direalisasikan pembangunan. Ada pula, lain yang diusulkan malah sarana lain yang dibangun oleh pemerintah.

“Ada sekolah yang usulkan pagar. Saat bantuan turun, malah pembangunan rumah penjaga sekolah. Padahal, rumah penjaga sudah ada. Apakah ini bisa dirubah atau bagaimana solusinya?,” seru Suheri berharap penjelasan.

Hal senada juga dikeluhkan, Abdul Haris. Sekolah yang dipimpinnya, SMA 2 Patra Nusa memang masuk kategori sekolah unggul. Akan tetapi fasilitasnya, masih belum memadai. Ia berharap Asrizal, dapat menyuarakan bantuan sarana pendidikan kepada Pemerintah Aceh.

Menanggapi aspirasi dari para kepala sekolah tersebut, Asrizal H Asnawi meminta pihak sekolah menyususun skala prioritas pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di masing-masing sekolah.

Setelahnya, diusulkan kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh. Salinan usulan dimaksud, ditembuskan kepada DPR Aceh, agar bisa mengawal setiap usulan sesuai kebutuhan di sekolah.

“Kendala kita saat ini belum intensifnya komunikasi. Saya siap mengawal program usulan kepala sekolah. Kami di DPRA punya kewenangan pengawasan, anggaran dan regulasi,” ujar politisi PAN Aceh ini.

Diakui Asrizal, selama ini memang terdapat beberapa sekolah yang bisa dibantu pembangunannya lewat program Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPR Aceh. Akan tetapi jumlahnya terbatas.

Karenanya, Ketua DPD PAN Aceh Tamiang ini, meminta kepala sekolah membangun komunikasi dengan semua pihak, termasuk pemerintah daerah setempat.

“Intinya, pertemuan ini saya bisa menyerap aspirasi bapak/ibu kepala sekolah yang akan kami sampaikan kepada Pemerintah Aceh lewat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Insya Allah, kita berjuang bersama agar realisasi pembangunan pendidikan di Aceh Tamiang berjalan lancar sesuai skala periotasnya,” pungkas Asrizal. (SP-02).


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Kini Pesantren Miliki Dana Abadi

Kini Pesantren Miliki Dana Abadi

Keterangan Foto:Ilustrasi: Santri saat membaca Al-Qur'an. (Ist) SUARAPUBLIK.CO.ID - Jakarta | Presiden Joko Widodo...

Berita Terbaru

Kini Pesantren Miliki Dana Abadi

Kini Pesantren Miliki Dana Abadi

Keterangan Foto:Ilustrasi: Santri saat membaca Al-Qur'an. (Ist) SUARAPUBLIK.CO.ID - Jakarta | Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Peraturan tersebut ditandatangani tanggal 2...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *