Home » Daerah » Bakesbangpol Aceh Gelar Forum Dialog Pemerintah dengan Masyarakat dan Parpol di Bener Meriah: Tangkal Berita Fake dan Hoax

Bakesbangpol Aceh Gelar Forum Dialog Pemerintah dengan Masyarakat dan Parpol di Bener Meriah: Tangkal Berita Fake dan Hoax

09.16.2021
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Pelaksanaan kegiatan Forum dialog pemerintah dengan masyarakat dan partai politik dengan tema: “Mengenal dan menangkal berita Fake dan Hoax dalam mensukseskan program vaksin COVID-19 menuju heard imuniti”. Yang diselenggarakan oleh Bidang Poldagri Bakesbangpol Provinsi Aceh, Bertempat di Aula MPU, Jalan Serule Kayu Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Kamis [16/09/2021].

Kaban Bakesbangpol Kabupaten Bener Meriah Muhammad jafar SH.MH menyampaikan, “Yang pertama sekali kami ucapkan terima kasih kepada kepada perwakilan dari Kesbagpol Aceh yang telah hadir di Kabupaten Bener Meriah dan para tamu undangan yang telah hadir dalam acara diskusi kita hari ini”, katanya.

Adapun tujuan dilaksanakannya dialog Pemerintah dengan Masyarakat dan Partai Politik hari ini guna mengantisipasi berita hoax yang sangat marak saat ini melalui Media Sosial.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya acara ini sehingga masyarakat dapat lebih bijak dalam menerima informasi sehingga berita hoax tidak beredar dikalangan kita”, jelas Jafar.

Lebih lanjut lagi Kabid Poldagri Kesbangpol Aceh menjelaskan, “media sosial menjadi salah satu yang digunakan oleh berbagai kalangan. Berbagai informasi bisa dengan mudah didapat melalui media sosial, Hanya dalam hitungan detik, berita apa pun tersebar dan diakses oleh sesama pengguna internet melalui media sosial”, katanya.

Tak jarang berita atau kabar palsu pun tersebar hingga menimbulkan keresahan.

Secara umum kita mengenal kabar palsu itu dengan sebutan hoax. Hoax adalah berita bohong yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya, Terdapat oknum yang sengaja membuat masyarakat resah dan percaya dengan berita hoax tersebut.

Hoax adalah berita bohong atau kabar palsu, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoax atau hoaks adalah berita bohong atau berita tidak bersumber. Hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, Tapi dibuat seolah-olah benar adanya dan diverifikasi kebenarannya dengan kata lain, sebagai upaya memutarbalikkan fakta.

“Semoga dengan acara yang kita laksanakan hari ini dapat dipahami oleh masyarakat sehingga tahu bagaimana cara untuk menangkal berita hoax“, katanya.

Setelah memahami definisi dari hoax, berikut beberapa ciri umum berita bohong tersebut yang dapat kita waspadai antara lain:

[1] Pesan didistribusikan melalui email atau media sosial yang efeknya lebih besar.

[2] Berisi pesan yang membuat cemas atau panik para pembaca.

Diakhiri dengan imbauan agar pembaca segera menyebarkan peringatan tersebut ke forum yang lebih luas. 

Hoax memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca berita ini tanpa meneliti dulu kebenarannya, segera menyebarkan ke forum lain, terangnya. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Plt. Sekda Kabupaten Bener Meriah: ASN Itu Pelayan Masyarakat

Plt. Sekda Kabupaten Bener Meriah: ASN Itu Pelayan Masyarakat

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Bagian Organisasi Setdakab Kabupaten Bener Meriah mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan penilaian pelayanan publik tahun 2022 oleh Kementerian PAN-RB dan Ombudsman RI, Kamis [12/08/2022] di Aula Setdakab setempat. Rakor yang...

Drs. Haili Yoga, M.Si., Tunjuk Armansyah Jadi Plt Sekda Bener Meriah

Drs. Haili Yoga, M.Si., Tunjuk Armansyah Jadi Plt Sekda Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Pj. [Pejabat] Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si., resmi menunjuk Armansyah, Asisten III sebagai Pelaksana Tugas [Plt] Sekretaris Daerah [Sekda] kabupaten setempat. Penunjukan itu dilakukan untuk mengisi kekosongan Sekda...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *