Home » Pendidikan » Pemkab Bener Meriah Gelar Upacara Hardikda ke-63

Pemkab Bener Meriah Gelar Upacara Hardikda ke-63

09.02.2022
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Memperingati Hari Pendidikan Daerah [Hardikda] ke- 63 Pemkab Kabupaten Bener Meriah mengadakan Upacara di lapangan Setdakab setempat, Jum’at [02/09/2022].

Sementara itu sebagai perwira upacara peringatan Hardikda ke-63 adalah Kadis Pendidikan Bener Meriah, Sukur, S.Pd., M.Pd., dan komandan upacara Syahrul Akbar, S.Tr.IP., dari Kantor Camat Bandar. Adapun peserta yang mengikuti upacara Hardikda ke-63, Plt. Sekda, para pejabat di lingkup Setdakab Bener Meriah, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Bener Meriah, para kepala SKPK di jajaran Pemerintah Daerah Bener Meriah, kepala cabang Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Kemenag Bener Meriah, para ASN dan Non ASN, para kepala sekolah, serta pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat.

Amanat Pj. Gubernur Aceh yang disampaikan oleh Pj. Bupati Bener Meriah menyebutkan, “Hari Pendidikan Daerah atau Hardikda yang kita peringati setiap tanggal 2 September, merupakan sebuah keistimewaan bidang pendidikan yang hanya ada di Provinsi Aceh. Maka,selain menjadi kebanggaan, keistimewaan ini kita harapkan selalu menjadi pendorong semangat bagi seluruh insan pendidikan Aceh dalam meraih berbagai prestasi”.

“Melalui momentum Hardikda ini, kitaperkuat kembali tekad untuk mencetak generasi penerus Aceh yang cakap, religius, kreatif, inovatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter ke-Aceh-an yang kental. Dengan generasi muda berkualitas, Insya Allah kita akan mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi Aceh di masa depan,” ucap Drs. Haili Yoga, M.Si dalam pidato Pj. Gubernur Aceh tersebut.

Dilanjutkannya lagi, Alhamdulillah, beberapa tahun terakhir prestasi pendidikan Aceh terus meningkat. Banyak Anak-anak kita membawa pulang medali dari Kompetisi Sains Nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional dan Lomba Keterampilan Siswa Nasional. Sementara, hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun ini, Aceh menempati peringkat lima besar dari 34 provinsi di Indonesia, dari jumlah pelajar yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur tersebut.

“Hampir di semua PTN terbaik di Indonesia ada pelajar dari Aceh. Demikian juga SBMPTN Tahun 2022, kita meraih posisi ke-8 Nasional, bahkan bila dihitung rasio persentasenya, Aceh menduduki peringkat pertama secara nasional,” ujarnya sembari mengatakan prestasi-prestasi tersebut patut di syukuri, karena berbagai ikhtiar yang telah di jalankan selama ini mulai menunjukkan hasil menggembirakan. Pendidikan Aceh telah menampakkan keberhasilannya di tingkat Nasional.

“Meskipun demikian, kita menyadari pencapaian ini masih jauh dari harapan kita semua. Perlu pembenahan dan penguatan yang lebih komprehensif dalam membangun sistem pendidikan di daerah, antara lain melalui berbagai program peningkatan mutu yang berkesinambungan. Kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang terukur.Baru-baru ini, Dinas Pendidikan Aceh berupaya membuka kelas jauh jenjang pendidikan SMA di Pameudan Jamat di Kabupaten Aceh Tengah, serta Kluet Tengahdi Kabupaten Aceh Selatan. Kita memanfaatkan sumberdaya guru yang ada di sana, agar lulusan SMP di wilayah terpencil tersebut bisa mendapatkan pendidikan lanjutan”, ujarnya.

“Agar hal tersebut berjalan dengan baik, para pihak terkait,seperti Kepala Dinas Pendidikan, kepala sekolah, guru, pengawas sekolah, komite sekolah, manajemen penyelenggara, dan masyarakat harus dapat meningkatkan peran dan tanggungjawabnya sesuai kewenangan masing-masing. Pemerintah Aceh siap melakukan yang terbaik dalam mendukung langkah percepatan di bidang pendidikan”, katanya.

Terakhir, mengingat pentingnya pembangunan sektor pendidikan untuk membangun Aceh di masa kini dan masa depan, maka Pemerintah Aceh menempatkan pendidikan sebagai salah satu program prioritas pembangunan dalam Rencana Pembangunan Aceh Tahun 2023-2026. Untuk mendukung program tersebut , Pemerintah Aceh membutuhkan anggaran pendidikan sekitar 20 persen dari APBA.

“Harapan kami selaku kepala daerah, dalam dua tahun ke depan kualitas pendidikan Aceh mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional. Selamat Hari Pendidikan Daerah yang ke-63 Tahun 2022.Terima kasih atas dedikasi para guru, insan pendidikan,dan pelajar Aceh yang telah mengharumkan nama daerah melalui berbagai prestasi. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung penguatan sektor pendidikan Aceh. Semoga kerja sama yang baik ini dapat kita tingkatkan,sehingga kita dapat saling bahu-membahu menyukseskan pembangunan pendidikan di Nanggroe Aceh tercinta ini,” demikian isi pidato Pj. Gubernur Aceh yang di sampaikan Pj. Bupati Bener Meriah. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Memperigati HUT PGRI ke-77: Rayakan dengan Latber di Bener Meriah

Memperigati HUT PGRI ke-77: Rayakan dengan Latber di Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Latihan Bersama [Latber] menjadi sebuah ajang dan momen silaturahmi antara Guru, dan tetap menjaga kekompakan PGRI Kabupaten Bener Meriah kegiatan Latihan Olah Raga Bersama ini di selenggarakan di lapangan sepak bola Kampung Blang...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *