Home » Ekonomi » Bener Meriah Panen Perdana Tembakau White Berley

Bener Meriah Panen Perdana Tembakau White Berley

02.23.2021
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Bupati Bener Meriah Tgk. H. Syarkawi yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.si buka secara simbolis Panen Perdana Tembakau White Berley di Kampung Arul Cincin, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Selasa [23/02/2021].

Pemanenan Perdana tersebut dilaksanakan di lahan tembakau milik kelompok Tani Hamparan Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Bener Meriah yang Diketua Iwan Kurnia. 

Iwan Kurnia menyebutkan bahwa penanaman Tembakau ini dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani yang sudah mencapai 60 hektar di wilayah Kecamatan Pintu Rime Gayo, terang Iwan Kurnia.

“ide penanaman tembakau White Berley, ini berawal dari tingginya permintaan tembakau saat ini, sehingga hadirnya keinginan untuk mengembangkan potensi tembakau tersebut yang pernah menjadi salah satu hasil bumi andalan dataran tinggi Gayo di masa lalu”, sebut Iwan Kurnia.

Penuh semangat, Iwan Kurnia menambahkan bahwa tembakau yang ditanam kelompok tani dengan jenis White Berley ini dapat menghasilkan tembakau 3 kg sampai dengan 6 kg. Tentunya ini sangat menguntungkan bagi petani karena sebagian jenis tembakau hanya menghasilkan 1 kg sampai dengan 3 kg per batangnya.

Sementara itu sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si yang hadir mewakili Bupati Bener Meriah menyampaikan sambutan Bupati Bener Meriah, sangat mengapresiasi Kelompok tani Hamparan Pemuda Panca Marga atas upaya pengembangan tembakau White Berley di Kabupaten Bener meriah. 

Ia menyebutkan, dengan adanya kelompok tani yang mengembangkan komoditas tembakau ini, sehingga nantinya akan membawa nama Bener Meriah sebagai daerah penghasil tembakau, selain sebagai mana saat ini sudah dikenal dunia sebagai daerah penghasil kopi. Terang Sekda

“Tentunya semakin banyak komoditi pertanian dan perkebunan yang kita hasilkan akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, selain kopi sebagai andalan utama kita. Kita perlu mendukung pengembangan komoditi lainnya seperti pengembangan pisang Cavendis dan tembakau seperti yang kita lakukan saat ini”, ujarnya.

Tambah Sekda, Pemerintah Daerah sangat mendukung Program pengembangan tembakau ini, dan menjelaskan bentuk dukungan ini akan dilakukan secara nyata dengan bimbingan, penyuluhan dan pembinaan melalui Dinas Pertanian yang mana diamini kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bener Meriah Ir. Nurisman yang juga hadir dalam kegiatan Pemetikan Perdana tersebut.

Diakhir sambutannya Drs. Haili yoga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pengembangan tembakau di Kabupaten Bener Meriah, khususnya kelompok tani Hamparan Pemuda Panca Marga dan kelompok Tani tembakau lainnya yang hadir pada panen perdana tersebut jelas nya. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Pj. Sekda Armansyah: Mari Manfaatkan IT untuk Kemajuan Usaha

Pj. Sekda Armansyah: Mari Manfaatkan IT untuk Kemajuan Usaha

SUARAPUBLIK.CO.ID - Takengon | Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah [UMKM] harus dapat memanfaatkan dunia digitalisasi, terutama terkait pemasaran sebagai wadah dalam berjualan. Hal tersebut disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Bener Meriah, Armansyah, S.E., M.Si.,...

Dinas Pariwisata Gelar Bimtek di Caffe Rembele Bener Meriah

Dinas Pariwisata Gelar Bimtek di Caffe Rembele Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia [SDM] dan peningkatan ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Bener Meriah melalui Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif melakukan Bimbingan Teknis [Bimtek] untuk pelaku dan jargon pariwisata di...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *