Home » Ekonomi » Pj. Gubernur Aceh Dukung Penuh Penerbitan Surat Keterangan Asal Kopi Gayo

Pj. Gubernur Aceh Dukung Penuh Penerbitan Surat Keterangan Asal Kopi Gayo

07.31.2022
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, bahwa Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si., mengusulkan langsung kepada Kementerian Perdagangan Repulik Indonesia, agar Kabupaten Bener Meriah dapat diberikan izin oleh Kementerian Perdagangan RI, sebagai Instansi yang dapat menerbitkan Surat Keterangan Asal (SKA) Komoditi Kopi. Hal itu disampaikan oleh Pj.  Bupati kepada Plt. Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Very Angriono di Jakarta tanggal 27 Juli yang lalu. 

“Untuk membuktikan keseriusan pihak Kemendag RI, hari ini (Minggu, 31/7 – red) Tim Survey Direktorat Fasilitasi Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan Republik Indonesia berkunjung ke Bener Meriah yang berkaitan dengan hal tersebut”. Demikian disampaikan oleh Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si disela-sela pertemuan dengan Tim dari Kemendag RI di Pendopo Bupati, Minggu [31/7/2022].

Disampaikan oleh Pj. Bupati, dalam pertemuan tadi, bahkan kita menelpoh langsung Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki, tentunya yang berkaitan dengan apa yang kita bahas bersama Tim Survei Kemendag tengan pnerbitan SKA, dan beliau sangat mendukung penuh dan akan membantu, bahkan beliau (Pj. Gubernur) melakukan kominikasi langsung mlalui sambungan telephon dengan Tim Survei.

“Pj. Gubernur Aceh bapak Achmad Marzuki sangat mengapresiasi dan mendukung penuh Kabupaten Bener Meriah atas trobosan yang telah dilakukan, yaitu tentang penerbitan SKA, begitu seriuasnya bapak Pj. Gubernur, bahkan beliau berkomonikasi langsung dengan Tim Survei dari Kemendag melalui sambungan telephon, dan itu didengan oleh seluruh peserta yang hadir,” tegas Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si.

Drs. Haili Yoga, M.Si juga mengatakan, “Surat Keterangan Asal (SKA) adalah merupakan sertifikasi asal barang, dalam  surat atau setifikat tersebut dinyatakan bahwa barang dalam hal ini kopi Gayo  salah satu  komoditas yang diekspor adalah berasal dari daerah yaitu Bener Meriah dan negara pengekspornya adalah Indonesia”..

“Kenapa ini kita usulkan kepada Kemendag RI ?,  tujuannya adalah yang Pertama sekali untuk memudahkan para eksportir kopi di Kabupaten Bener Meriah terutama dalam mengurus dokumen-dukomen yang berkaitan dengan ekpsor contohnya ya SKA tadi, sehingga dengan demikian semua prosesnya dapat dilakukan dengan secepat mungkin, dan tidak harus ke luar daerah seperti saat ini”, tegas Haili Yoga.

“Semoga apa yang kita harapkan, ini bisa terealisasi, apalagi sudah ada dukungan penuh dari bapak Pj Gubernur Aceh, tentu ini semakin memperkuat keyakinan kita dan Tim Survei dari kemendag RI”, pungkasnya. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Pj. Sekda Armansyah: Mari Manfaatkan IT untuk Kemajuan Usaha

Pj. Sekda Armansyah: Mari Manfaatkan IT untuk Kemajuan Usaha

SUARAPUBLIK.CO.ID - Takengon | Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah [UMKM] harus dapat memanfaatkan dunia digitalisasi, terutama terkait pemasaran sebagai wadah dalam berjualan. Hal tersebut disampaikan Pj. Sekretaris Daerah Bener Meriah, Armansyah, S.E., M.Si.,...

Dinas Pariwisata Gelar Bimtek di Caffe Rembele Bener Meriah

Dinas Pariwisata Gelar Bimtek di Caffe Rembele Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia [SDM] dan peningkatan ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Bener Meriah melalui Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif melakukan Bimbingan Teknis [Bimtek] untuk pelaku dan jargon pariwisata di...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *