Home » Editorial » Teuku Helmi Mirza, ‘Bhayangkara’ Parlemen Langsa

Teuku Helmi Mirza, ‘Bhayangkara’ Parlemen Langsa

07.01.2021
Share Berita

Keterangan Foto:
Ketua Komisi IV DPR Kota Langsa, Teuku Helmi Mirza.

TEUKU Helmi Mirza adalah Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kota Langsa periode 2019-2024. Pada Pemilu 2019, Helmi, sapaan akrabnya, berhasil memperoleh suara terbanyak di internal partainya, dari Daerah Pemilihan (Dapil III) Kota Langsa, meliputi Kecamatan Langsa Barat-Langsa Baro.

Kader Partai Nanggroe Aceh (PNA) ini, baru pertama terjun ke dunia politik praktis dan berhasil meraih kepercayaan publik, sehingga dilantik sebagai anggota parlemen di kota jasa itu.

Sebelumnya, Helmi adalah seorang Polisi. Ia mengundurkan diri atau pensiun dini dari Korps Bhayangkara, setelah bertugas selama 22 tahun 2 bulan. Pangkat terakhirnya, Ajudan Inspektur Satu Polisi (AIPTU), dengan jabatan Kanit 1 Satuan Intelkam Polres Langsa.

Pria kelahiran Bireuen ini, pernah menjabat sebagai Kanit Pulbaket Polsek Sungai Raya Polres Langsa. Dunia intel digelutinya sejak lama. Khususnya, menghimpun informasi soal politik di wilayah tugasnya.

Tak heran, bila Helmi cukup mahpum soal politik dan kenal luas dengan elite politik di daerah itu. Hal ini pula, mendorong dia terjun ke dunia politik, mengawal perjuangan aspirasi rakyat lewat parlemen.

“Saya lulus Bintara Polisi angkatan 1995/1996. Penempatan di Polres Aceh Timur. Begitu pemekaran, saya bertugas di Polres Langsa hingga pensiun tahun 2019,” ujar T Helmi Mirza, Kamis, 1 Juli 2021.

Purna tugas sebagai polisi, kata dia, adalah pilihan saya untuk bisa mengawal kebijakan Pemerintah Daerah di level legislatif. Ini adalah muara harapan rakyat. Parlemen, bersama eksekutif merumuskan kebijakan daerah untuk kepentingan rakyat.

Sebagai mantan Polisi. Helmi cukup piawai dalam melihat regulasi yang tidak berjalan. Tak sungkan, ia mengkritisi agar regulasi yang ada dijadikan pedoman, sebagai rujukan dalam menjalankan roda pemerintah.

Toh, selama 22 tahun, ia bertugas sebagai penegak hukum di kepolisan. Ini pula, menjadi modal besar Helmi, mengawal laju pembangunan di Komisi IV DPRK Langsa. Komisi yang membidangi pembangunan dan keuangan daerah. Bermitra dengan Bappeda, Dinas PUPR, Perhubungan dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

“Menjadi legislator adalah cara lain sebagai bagian dari Bhayangkara di sektor legislatif. Sisi pengawasan harus berjalan. Ini bukan soal suka atau tidak. Tapi perkara pelaksanaan pembangunan secara benar sesuai aturan yang berlaku,” papar Helmi.

Menyahuti momentum HUT Bhayangkara ke 75 tahun. Bagi Helmi adalah suatu hal baru. Sudah dua tahun belakangan, dia menjadi sipil yang tetap merayakan HUT Bhayangkara.

Dia mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke-75 (1 Juli 1946-1 Juli 2021).

“Mungkin hal yang sama dirasakan senior saya lain yang telah purna tugas di kepolisan. Masih terpatri di sanubari dokrin Bhayangkara. Kami bangga dengan institusi itu. Hari ini, saya menjadi Bhayangkara di lembaga legislatif,” pungkasnya. [SP-02]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

SUARAPUBLIK.CO.ID | Dewasa ini seluruh dunia sedang dipersoalkan dengan virus yang mewabah cepat dan belum usai...

Berita Terbaru

Rizki Julianda: Anak Buruh Pabrik, Jadi Bhayangkara Perisai Bangsa

Rizki Julianda: Anak Buruh Pabrik, Jadi Bhayangkara Perisai Bangsa

Keterangan Foto:Iptu Rizki Julianda Putra Buna, SIK. KEPOLISIAN Republik Indonesia genap berusia 75 tahun (1 Juli 1946-1 Juli 2021). Korps Bhayangkara terus menapak sejarah kehidupan bangsa. Menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat...

Nova Lantik Dailami sebagai Wakil Bupati Bener Meriah

Nova Lantik Dailami sebagai Wakil Bupati Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah resmi mengambil sumpah dan melantik Dailami sebagai Wakil Bupati [Wabup] Bener Meriah sisa jabatan 2017-2022 dalam sidang paripurna DPRK Bener Meriah. Sidang Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua...

Irfansyah Episentrum Komitmen Perjuangan Politisi Muda

Irfansyah Episentrum Komitmen Perjuangan Politisi Muda

SUARAPUBLIK.CO.ID, Langsa | Anggota DPR Aceh termuda Irfansyah, menjadi salah satu politisi Fraksi Partai Aceh yang menjadi episentrum komitmen perjuangan politisi muda. Hal ini ditandai dengan peluncuran Ambulance gratis, diperuntukkan sebagai armada kaum jelata,...

Jurnalis Menembak Tutup Pelaksanaan HPN di Bener Meriah

Jurnalis Menembak Tutup Pelaksanaan HPN di Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Bupati Bener Meriah secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-75 di Bener Meriah Tahun 2021. Dalam kegitan jurnalis menembak yang diselenggarakan di Batalyon Kompi 3 Brimob, Pante Raya, Kecamatan Wih...

Peringati HPN ke-75: Wartawan Bener Meriah Mempromosikan Objek Wisata

Peringati HPN ke-75: Wartawan Bener Meriah Mempromosikan Objek Wisata

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, wartawan Bener Meriah yang tergabung dalam tiga organisasi yakni, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persatuan Wartawan Bener Meriah (PEWABER), dan Seketeriat Berasama (Sekber)...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *