Home » Politik » Revisi UU Pemilu Ditolak Pemerintah

Revisi UU Pemilu Ditolak Pemerintah

01.29.2021
Share Berita

Keterangan Foto:
Ilustrasi

SUARAPUBLIK.CO.ID, Jakarta | Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menolak rencana revisi UU Pemilu yang diajukan DPR RI.

Dalam pandangan pemerintah, ingin tetap melaksanakan Undang-undang Pemilihan Umum dan Undang-undang Pilkada yang sudah ada.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan UU Pemilu belum perlu direvisi. Sebab, UU itu masih mengatur rangkaian pemilu di Indonesia hingga 2024.

“UU tersebut belum dilaksanakan. Tidak tepat jika belum dilaksanakan, sudah direvisi. Mestinya, dilaksanakan dulu, kemudian dievaluasi, baru kemudian direvisi jika diperlukan,” kata Bahtiar dalam keterangan tertulis, Jumat (29/1/2021).

Bahtiar juga menyebut saat ini tidak tepat bagi Indonesia untuk sibuk merevisi UU Pemilu. Menurutnya, energi pemerintah dan parlemen lebih baik difokuskan untuk menangani pandemi virus corona.

Dia mengatakan, belum ada rencana pemerintah mengubah jadwal pilkada dan pemilu. Dengan demikian gelaran pemilu berikutnya tetap dijadwalkan pada 2024.

“Sesuai dengan UU yang masih berlaku tersebut, maka jadwal Pilkada berikutnya adalah 2024,” kata Bahtiar.

Saat ini, draf revisi UU Pemilu sudah bergulir di DPR RI. Draf ini rencananya akan menyatukan dua rezim aturan pemilu, yaitu UU Pemilu (Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017) dengan UU Pilkada (Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016).

Salah satu aturan yang jadi sorotan adalah keserentakan antara pilkada dengan pemilu. Pada aturan yang sudah ada, Indonesia akan meniadakan pilkada serentak tahun 2022 dan 2023.

Pilkada baru akan digelar pada 2024, tahun yang sama dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres. Dalam rentang waktu hingga 2024, daerah akan dijabat oleh pelaksana tugas yang ditunjuk Kemendagri.

Beberapa daerah yang akan terdampak aturan ini, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Jawa Timur. [SP-01/CNNIndonesia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Sahur on the Road Irfansyah

Sahur on the Road Irfansyah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Langsa | Anggota DPRA Fraksi Partai Aceh, Irfansyah membagikan makanan sahur kepada sejumlah...

Berita Terbaru

Sahur on the Road Irfansyah

Sahur on the Road Irfansyah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Langsa | Anggota DPRA Fraksi Partai Aceh, Irfansyah membagikan makanan sahur kepada sejumlah pemulung, tukang becak dan pekerja serabutan di pajak Langsa, Selasa dini hari, 4 Mei 2021. Legislator asal Dapil Aceh VII ini, turut mengajak pemuda...

Kapolri Tawarkan Anak Prajurit Awak Nanggala 402 Jadi Polisi 

Kapolri Tawarkan Anak Prajurit Awak Nanggala 402 Jadi Polisi 

Foto: Ist. SUARAPUBLIK.CO.ID, Jakarta | Pemerintah melalui Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar upacara penganugerahan tanda kehormatan dan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) terhadap prajurit awak KRI Nanggala 402 di di Hanggar Pangkalan Udara TNI...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *