Home » Editorial » Salamuddin Usman Gelorakan Pendidikan Berkarakter

Salamuddin Usman Gelorakan Pendidikan Berkarakter

01.19.2021
Share Berita

Keterangan Foto:
Kepala SMAN 4 Langsa, Salamuddin Usman

EMBUN baru saja kering. Suasana pagi berubah hiruk-pikuk. Gemuruh kenderaan bermotor kian menderu di lintasan Jl Prof A Majid Ibrahim, Kota Langsa atau jalan lintas Medan-Banda Aceh itu.

Pagi ini, Selasa 19 Januari 2021, seorang petugas berdiri disebuah pintu masuk sekolah. Ditangannya, tergenggam alat pengukur suhu tubuh (Thermogun).

Dengan sigap, senjata pengukur suhu itu ditodongkan ke tubuh sesiapa saja yang hendak masuk ke lokasi sekolah.

Mereka adalah siswa dan guru serta tenaga kependidikan SMAN 4 Langsa. Sekolah menengah atas yang lokasinya berada di kawasan pesisir Langsa. Tepatnya, di Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat.

Semuanya kenakan masker. Terdapat pula tempat cuci tangan. Pertanda, sekolah ini terapkan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Usai diperiksa suhu tubuh. Pewarta diizinkan masuk ke komplek sekolah. Bangunannya luas. Lokasi lahan terbentang lebar. Mungkin mencapai 1,5 hekatere.

Sejurus kemudian, di depan sebuah bangunan. Seorang pria berperawakan gagah, dibalut pakaian dinas langsung menyapa.

“Sini. Kita di ruangan ini saja. Ngobrol santai sambil seruput kopi,” ujar pria tadi.

Ya, dia adalah Kepala SMAN 4 Langsa, Salamuddin Usman. Menjabat sejak 10 Januari tahun lalu.

Sambil seruput kopi yang tersaji. Salamuddin menuturkan dirinya sedang berusaha maksimal membangun karakter siswanya.

“Sekolah kita salah satu penerima bantuan Kemendikbud untuk pendidikan karakter,” tuturnya.

Kepala Sekolah ini juga menyebut sejumlah program disekolahnya. “Tahun ini kita fokus pada bidang Bahasa Inggris, Tilawah Al-Qur’an dan seni,” sebutnya.

Bahasa Inggris, papar dia, menjadi salah satu hal penting guna mempersiapkan siswa-siswi untuk bisa diterima pada Universitas Favorit, sebagaimana semangat Pemerintah Aceh.

“Pak Kadis Pendidikan Aceh menyampaikan target siswa SMA bisa masuk 10 Perguruan Tinggi Negeri berkualitas atau ‘Top Ten‘,” kata dia.

Karenanya, menyahuti hal dimaksud pihaknya menambah bimbingan belajar di luar jam sekolah atau ekstrakurikuler untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

Di mana, sekolah menyediakan tutor profesional dan siswa yang mengikuti program tersebut tidak dipinggut biaya.

Diakui Salamuddin, pada tahun 2020, seorang siswi SMAN 4 Langsa berhasil lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri () di Universitas Negeri Jakarta.

“Putri Bela Saputri namanya. Siswi ini berlatar belakang siswa kurang mampu. Dia berhasil lolos. Ini kebanggaan kami, dari sekolah pesisir bisa ke ibukota Negara,” papar Alumnus IAIN atau UIN Ar Raniry Banda Aceh ini.

Kala itu, keluarga Putri Bela Saputri di Gp Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat, dirundung gulana. Mereka tak mampu memberangkatkan anaknya ke kampus tersebut, lantaran terbentur biaya.

Pihak sekolah kemudian mencoba fasilitasi. Kepala sekolah dna dewan guru turun tangan, patungan untuk biaya tiket ke Jakarta.

Selebihnya, ada donatur yang membantu sehingga anak pesisir Langsa, bisa terbang menggapai asa di ibukota Jakarta.

“Siswi ini jadi ikon sekolah kita. Baru kali ini ada yang lulus UMPTN ke pulau Jawa. Ini prestasi kita semua,” ungkap Salamuddin, seraya menambahkan, keluarga Putri, tinggal di belakang sekolah. Keluarga ini pra sejahtera.

Masih terkait pentingnya Bahasa Inggris. Salamuddin memberi contoh lain, yakni Muhammad Juanda. Siswa ini menjadi perwakilan daerah pada Jambore Pramuka Asia Pasifik.

Keterangan Foto:
Kepsek SMAN 4 Langsa saat kunjungi kediaman siswi yang lulus UMPTN Universitas Negeri Jakarta, medio 2020.

“Juanda dibekali bahasa Inggris yang mumpuni. Selain dia pramuka aktif dan miliki karakter,” ujarnya.

Terlebih, SMAN 4 Langsa menyabet juara III lomba debat mata pelajaran Bahasa Inggris se-Kota Langsa, beberapa waktu lalu.

Lantas, Salamuddin menjelaskan kegiatan ekstrakurikuler lain, yakni Tilawah. Baginya, membangun karakter siswa, harus pada pondasinya yakni karakter Islami.

Untuk itu, sekolah menyediakan fasilitas berupa tutor dan uang transportasi untuk siswa yang mengikuti program ini.

Terkait kesenian, di SMAN 4 Langsa terdapat sebuah ruang tetaer. Disinilah, pihak sekolah memfokuskan pengembangan minat dna bakat seni siswanya.

Peralatan kesenian di sekolah ini terlebih banyak. Mulai alat band, seruling, angklung dan lainnya tersedia.

“Karena masa pandemi, saat ini belum begitu aktif siswa kita berkesenian,” kata putra asli Ranto Peureulak ini.

Lain itu, sekolah ini miliki tiga laboratorium lengkap yang peralatannya memadai. Yakni laboratorium fisika, kimia dan biologi.

Disamping itu, terdapat lapangan basket, volly ball dan takraw, sebagai sarana olahraga siswa.

Belajar Dimasa Pandemi

SMAN 4 Langsa memiliki 270 siswa. Dimasa pandemi, sekolah melaksanakan proses belajar secara daring (online) maupun tatap muka.

Saat pembelajaran daring, sekolah ini mendata siswanya dalam tiga kelompok. Pertama, siswa yang miliki android. Kepada mereka proses belajar daring bisa segera dilakukan.

Kedua, siswa memiliki telepon selular tapi bukan android. Mereka ini disampaikan informasi lewat selular miliknya atau orangtua mereka.

Ketiga, siswa tidak miliki selular dan android. Kepada mereka ini, pihak sekolah melakukan metode kunjungan rumah, agar proses belajar tetap terlaksana.

“Persentase siswa tidak miliki android sekira dibawah 10 persen. Mereka yang miliki android 60 persen,” jelas Salamuddin.

Memasuki masa belajar tatap muka. SMAN 4 Langsa berlakukan metode pembagian jumlah siswa atau shift.

Dari 270 siswa. Setiap hari hanya 135 orang yang belajar tatap muka di ruang kelas. Polarisasinya pun hanya libur sehari berselang.

“Rombongna belajar kita bagi. Sift A dan B. Jadi libur hanya sehari saja,” kata Salamuddin.

Kembangkan UKS dan Bisnis Sekolah

Setelah bincang lebar dan seruput kopi. Salamuddin mengajak melihat taman apotik hidup yang ada di sekolah itu.

“Ini hasil karya siswa. Taman ini berada di bawah binaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS),” sebutnya.

Lain itu, ruangan UKS SMAN 4 Langsa terbilang lengkap. Terdapat obat-obatan, kotak P3K, dua buah ranjang, tabung oxigen dan tertata rapi.

Diakui Salamuddin, pihaknya bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Langsa Barat guna memberikan pemahaman kepada petugas UKS di sekolah itu.

Keterangan Foto:
Petugas UKS SMAN 4 Langsa, simulasi pertolongan pertama.

Tahun ini, tambahnya, sekolah berencana untuk mengembangkan budidaya ikan gurami. Hal ini bisa menjadi bisnis sekolah yang bermanfaat nantinya.

“Kita punya lahan luas. Ini daerah pesisir. Budidaya ikan jadi alternatif dan semoga berhasil,” tukasnya.

Selama ini, kegiatan di sekolah dibiayai oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Meski belum maksimal, tapi optimalisasi perlu dilakukan, celoteh Salamuddin.

Dia berharap, Pemerintah bisa memberikan stimulus bantuan lain dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Ini penting. Agar peningkatan mutu pendidikan bisa selaras menyahuti visi Aceh Caroeng milik Pemerintah Aceh,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, SMAN 4 Langsa memiliki 38 tenaga pendidik dan kependidikan.

Jumlah ini, belum termasuk petugas laboratorium, kebersihan dan penjaga sekolah. [Putra Zulfirman]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

SUARAPUBLIK.CO.ID | Dewasa ini seluruh dunia sedang dipersoalkan dengan virus yang mewabah cepat dan belum usai...

Berita Terbaru

Irfansyah Episentrum Komitmen Perjuangan Politisi Muda

Irfansyah Episentrum Komitmen Perjuangan Politisi Muda

SUARAPUBLIK.CO.ID, Langsa | Anggota DPR Aceh termuda Irfansyah, menjadi salah satu politisi Fraksi Partai Aceh yang menjadi episentrum komitmen perjuangan politisi muda. Hal ini ditandai dengan peluncuran Ambulance gratis, diperuntukkan sebagai armada kaum jelata,...

Jurnalis Menembak Tutup Pelaksanaan HPN di Bener Meriah

Jurnalis Menembak Tutup Pelaksanaan HPN di Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Bupati Bener Meriah secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) Ke-75 di Bener Meriah Tahun 2021. Dalam kegitan jurnalis menembak yang diselenggarakan di Batalyon Kompi 3 Brimob, Pante Raya, Kecamatan Wih...

Peringati HPN ke-75: Wartawan Bener Meriah Mempromosikan Objek Wisata

Peringati HPN ke-75: Wartawan Bener Meriah Mempromosikan Objek Wisata

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-75, wartawan Bener Meriah yang tergabung dalam tiga organisasi yakni, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Persatuan Wartawan Bener Meriah (PEWABER), dan Seketeriat Berasama (Sekber)...

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

Vaksin Corona dan Masa Revolusi

SUARAPUBLIK.CO.ID | Dewasa ini seluruh dunia sedang dipersoalkan dengan virus yang mewabah cepat dan belum usai dibinasakan. Corona Virus Disaese 2019 (Covid 19), menjadi momok bagi warga dunia. Virus yang mulai terjangkit di Kota Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok ini,...

Marzuki Hamid Serahkan Bungong Jaroe untuk Wartawan

Marzuki Hamid Serahkan Bungong Jaroe untuk Wartawan

Keterangan Foto:Ketua PWI Kota Langsa, Putra Zulfirman menerima bingkisan 'bungong jaroe' dari Wakil Walikota Langsa. SUARAPUBLIK.CO.ID, Langsa | Wakil Walikota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM menyerahkan 'Bungong Jaroe' untuk pengurus dan anggota Persatuan Wartawan...

Kabar Duka, Mantan Sekretaris KIP Aceh Meninggal Dunia

Kabar Duka, Mantan Sekretaris KIP Aceh Meninggal Dunia

SUARAPUBLIK.CO.ID, Banda Aceh | Kabar duka menyelimuti Komisi Independen Pemilihan (KIP) Provinsi Aceh. Pasalnya, mantan Sekretaris KIP Aceh, Drs Darmansyah, MM, meninggal dunia di RS Murni Teguh, Kota Medan, Sumatera Utara, Jum'at 29 Januari 2021. Ketua Divisi Data...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *