Home » Nasional » Kampung Mekar Jadi Ayu sudah Definitif Sejak 2017: Miris Belum Pernah Tersentuh Dana Desa sampai Sekarang

Kampung Mekar Jadi Ayu sudah Definitif Sejak 2017: Miris Belum Pernah Tersentuh Dana Desa sampai Sekarang

09.07.2022
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Desa Mekar Jadi Ayu, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah merasa kecewa terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah dengan  tertukarnya Kode Desa Mekar Jadi Ayu dengan Desa Bener Ayu, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah .

Pasalnya berdasarkan penjelasan Sekdes Mekar Jadi Ayu, Misda Abadi dan Reje Kampung setempat, Juanda mengatakan kepada SUARAPUBLIK.CO.ID Selasa [6/9/2022] di kediamannya.

“Berdasarakan SK Bupati No 141/227/SK/2017, saya sudah resmi dilantik secara kolektif menjadi Reje Kampung Mekar Jadi Ayu. Namun sampai saat ini desa kami belum pernah tersentuh Dana Desa”, terang Reje kampung Mekar Jadi Ayu.

“Semenjak dari 2007, desa kami belum pernah dapat Dana Desa atau dana BKP atau Dana Desa yang lainnya. Jadi setelah itu kami sudah berusaha ke kabupaten [Pemerintah Kabupaten Bener Meriah-red] untuk menindaklanjuti, tapi belum diinformasikan. Kami sudah berupaya ke kabupaten”, imbuh Sekdes.

“Desa kami memiliki Kantur Desa Polindes dan Inventaris kenderaan dinas kata Sekdes”, jelasnya.

“Ketika kami di anak tirikan, Desa Mekar Jadi Ayu, Kecamatan Wih Pesam. Kami sudah berusaha beberapa kali menindak lanjuti tetapi belum ada respon dari Pemda”, jelas Sekdes  kampung Mekar Jadi Ayu.

“Bahkan kami sudah berusaha sampai ke Provinsi  Aceh beberapa kali bersama Pemda tapi tidak ada hasilnya”, ucap Misda Abadi.

“Sekitar 20 hari kebelakang ini ada panggilan kami dari kabupaten, masalah SIPOL menyangkut Pemilu. Jadi kami dengar ceritanya masalahnya kampung kami sudah terdaftar di SIPOL”, katanya.

“Sedangkan kampung kami sudah terdaftar di SIPOL dengan kode desa 20.19 sedangkan tapi 20.19 dipakai oleh desa lain”, tutup Misda Abadi.

Sementara itu Pj.Sekda Kabupaten Bener Meriah, Armansyah menjelaskan, “Kami dari Pemerintah Daerah sudah berupaya dan berusaha  untuk mendefinitifkan Desa Mekar Jadi Ayu. Namun dari Kementerian Dalam Negeri tidak keluar  kodefikasi desa tersebut”, jelas Plt Sekda.

“Kemudian setelah dicek kodefikasi Desa Mekar Jadi Ayu, Kementerian Dalam Negeri tidak masuk ke kodefikasi desanya. Jadi otomatis dia bukan desa definitif”, terangnya.

“Kementerian Dalam Negeri mengambil dan memberikan Dana Desa sesuai kodefikasi desa itu menunjukan desa itu definitif,”, katanya.

“Masalah itu sudah beberapa kali kita jelaskan sama  Reje Kampung Mekar Jadi Ayu. Desa Mereka tidak mendapatkan kodefikasi desa”, terang Plt Sekda.

“Ketika desa tidak punya kodefikasi desa maka desa tidak dianggap definitif, maka kita memberikan bantuan keuangan bukan Dana Desa kepada aparatur Desa Mekar jadi Ayu”, tutup Armansyah. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Upacara Hari Perhubungan Nasional ke-52 di Bener Meriah

Upacara Hari Perhubungan Nasional ke-52 di Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Upacara Peringatan Hari Perhubungan Nasional [HPN] ke-52, di Kabupaten Bener Meriah, Senin [19/09/2022] di Lapangan Upacara Kantor Dinas Perhubungan setempat. Plt. Sekda, Armansyah, S.E., M.Si., dalam sambutan Menteri Perhubungan RI,...

Dana Desa Tahun 2022: Alokasikan 20% untuk Program Ketahanan Pangan

Dana Desa Tahun 2022: Alokasikan 20% untuk Program Ketahanan Pangan

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Program Dana Desa tahun 2022 sangat unik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, sebanyak 20% Dana Desa yang dialokasikan untuk program ketahanan pangan yang disalurkan kepada masyarakat berupa program hewani dan nabati pada...

Tim LPPM-IPB Temui Pj. Bupati Bener Meriah

Tim LPPM-IPB Temui Pj. Bupati Bener Meriah

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Pj. Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si., menerima kunjungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat [LPPM] Institut Pertanian Bogor [IPB], Selasa [30/08/2022] di Pendopo Bupati setempat. Adapun tim LPPM IPB yang...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *