Home » Nasional » Diskominfo Bener Meriah Gelar Uji Konsekuensi Informasi Publik yang Dikecualikan

Diskominfo Bener Meriah Gelar Uji Konsekuensi Informasi Publik yang Dikecualikan

08.02.2022
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat akan menggelar kegiatan Uji Konsekuensi Informasi Publik yang Dikecualikan dl lngkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 [dua] hari yaitu Rabu dan Kamis [3 – 4 Agustus 2022].

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bener Meriah diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Jamilah, S.H., ketika dikonfirmasi membenarkan tentang hal tersebut.

“Benar, besok Pemkab melalui Diskominfo Kabupaten Bener Meriah akan melakukan kegiatan Uji Konsekuensi Informasi Publik yang Dikecualikan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, selama dua hari di Gedung Empu Beru Komplek Perkantoran Pemkab setempat,” katanya disela-sela mempersiapkan agenda tersebut di ruang kerjanya, Selasa [2/7/2022].

Disampaikan oleh Jamilah, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan penyelenggaraan Negara dengan baik, yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggung jawabakan. Disamping itu juga untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bener Meriah untuk menghasilkan layanan Informasi yang berkualitas, paparnya.

Ketika Badan Publik menyatakan informasi publik tertentu dikecualikan, maka pengecualian tersebut harus didasarkan pada pengujian konsekuensi, ujarnya.

Uji Konsekuensi Informasi adalah proses pengujian yang wajib dilakukan oleh badan publik terhadap informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima sebelum menolak permohonan informasi publik dari pemohon informasi publik atas dasar pengecualian karena bersifat rahasia, sesuai Undang-undang, kapatutan, dan kepentingan umum sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 14/2008, jelasnya.

Kegiatan besok akan diikuti oleh 67 perwakilan  SKPK  yang ada dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Bener Meriah dan akan dibuka menurut rencana oleh Pj. Bupati, sedangkan narasumbernya berasal dari Atasan PPID, PPID Utama Tenaga Ahli Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh, pungkas Kabid Pengelolaan Layanan Informasi Publik, Jamilah, S.H. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

ODP Serentak Secara Nasional, Petrokimia Gresik Promosikan Produk Baru

ODP Serentak Secara Nasional, Petrokimia Gresik Promosikan Produk Baru

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Dalam rangka ulang tahun yang ke-50 PT Petrokimia Gresik gelar serangkaian One Day Promotion [ODP] produk produk-pupuk kepada petani. "Ini juga bagian dan kewajiban dari perusahan kami", ungkap Solikan. "Sebagai produsen pupuk untuk...

Bener Meriah Diberi Izin oleh Kementrian RI Terbitkan SKA Komoditi Kopi

Bener Meriah Diberi Izin oleh Kementrian RI Terbitkan SKA Komoditi Kopi

SUARAPUBLIK.CO.ID - Jakarta | “Ikan Sepat, Ikan Gabus, Lebih Cepat, Lebih Bagus”, istilah yang digunakan oleh Plt Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Very Angriono saat menjawab usulan Penjabat Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si di Kantor...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *