Home » Nasional » Harga Pupuk Melonjak, Ketua APSBM Minta Pemkab Bener Meriah Carikan Solusi Turunkan Harga

Harga Pupuk Melonjak, Ketua APSBM Minta Pemkab Bener Meriah Carikan Solusi Turunkan Harga

02.23.2022
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID – Bener Meriah | Melonjaknya harga pupuk non subsidi saat ini, harganya sudah naik hingga dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. “Seharusnya Pemerintah Kabupaten [Pemkab] Bener Meriah melalui dinas terkait mencari solusi untuk menurunkan harga pupuk dan obat-obatan, bukan untuk berdiam karena sebagai PAD  [Pendapatan Asli Daerah] terbesar, termasuk palawija, hortikultura”, kata Sabardi, Ketua APSBM [Asosoasi Pedagang Sayur Bener Meriah] kepada SUARAPUBLIK.CO.ID Rabu [23/02/2022].

“Dengan mahalnya harga pupuk para petani tidak semangat lagi untuk bercocok tanam karena tidak sesuai harga pupuk dengan harga hasil panennya”, ujarnya.

“Kalau pupuk mahal, otomatis PAD menurun”, papar Ketua APSBM.

Kepada pemerintah daerah agar mencari solusi harga pupuk non subsidi dan bisa bekerja sama dengan koperasi-koperasi yang aktif di bidang hortikultura dan palawija, terang Sabardi.

Sementara itu pedagang pupuk, Fauzi menyampaikan mahalnya harga pupuk dikarenakan bahwa bahan bakunya mahal seperti P205, Ko2, netrogen, baik amoniak maupun netrat yang harganya lagi mahal, otomatis pupuk jadi mahal, papar Fauzi.

Adapun harga pupuk.yang melonjak naik seperti  NPK Bass dari harga biasa Rp. 400.000/sak menjadi 680, NPK 16-16-16 dari harga Rp. 420 .000 menjadi Rp. 730.000, NPK blue dan perpek dari Rp. 520.000 menjadi Rp. 800.000, SS tawon dari Rp. 300.000 menjadi Rp. 570.000, SS Saprodap dari Rp. 300.000 menjadi Rp. 560.000, TSP dari Rp. 280.000 menjadi Rp. 550.000 dan KCL mop dari harga Rp. 280.000 menjadi Rp. 550.000, terang pedagang pupuk dari di Pante Raya ini. 

Disiisi lain, dinas-dinas terkait, dinas pertanian dan dinas perdagangan, mereka belum berani memberikan penjelasan, “bungkam” saat dikonfirmasi SUARAPUBLIK.CO.ID. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

ODP Serentak Secara Nasional, Petrokimia Gresik Promosikan Produk Baru

ODP Serentak Secara Nasional, Petrokimia Gresik Promosikan Produk Baru

SUARAPUBLIK.CO.ID - Bener Meriah | Dalam rangka ulang tahun yang ke-50 PT Petrokimia Gresik gelar serangkaian One Day Promotion [ODP] produk produk-pupuk kepada petani. "Ini juga bagian dan kewajiban dari perusahan kami", ungkap Solikan. "Sebagai produsen pupuk untuk...

Bener Meriah Diberi Izin oleh Kementrian RI Terbitkan SKA Komoditi Kopi

Bener Meriah Diberi Izin oleh Kementrian RI Terbitkan SKA Komoditi Kopi

SUARAPUBLIK.CO.ID - Jakarta | “Ikan Sepat, Ikan Gabus, Lebih Cepat, Lebih Bagus”, istilah yang digunakan oleh Plt Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Very Angriono saat menjawab usulan Penjabat Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si di Kantor...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *