Home » Kesehatan » Bertambah Lagi: 29 Kasus Baru Konfirmasi Positif COVID-19 di Bener Meriah

Bertambah Lagi: 29 Kasus Baru Konfirmasi Positif COVID-19 di Bener Meriah

05.26.2021
Share Berita

SUARAPUBLIK.CO.ID, Bener Meriah | Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP., M.A.P. melaporkan berdasarkan surat Balitbangkes Aceh yang diterima sekitar pukul 21.00, Selasa, 25 Mei 2021, sebanyak 29 orang di Bener Meriah terkonfirmasi positif COVID-19 metode RT-PCR, Rabu [26/5/2021]. 

Ilham Abdi menerangkan 29 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 di Bener Meriah berdasarkan 47 sampel spesimen swab yang dikirim ke Banda Aceh. “Beberapa masih diproses Balitbangkes Aceh. Belum semua diperiksa,” imbuh Ilham. 

Banyaknya sampel spesimen swab yang dikirim Tim Satgas Bener Meriah tempo hari karena adanya tracing yang dilakukan Tim Satgas di beberapa kecamatan di Bener Meriah.  “Termasuk sampel spesimen post-mortem dari pasien yang meninggal sebelumnya,” sebut Ilham. 

Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di Bener Meriah, Ilham Abdi menegaskan dan berpesan lagi kepada masyarakat untuk waspada dan hati-hati. 

“Sayangi diri, keluarga kita, dan orang-orang di sekitar kita. Masih banyak di luar sana yang belum dan tidak mau di-swab karena alasan tidak merasakan gejala apa-apa atau kekhawatiran dinyatakan COVID-19,” ucap Ilham. 

Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah ini menyinggung terkait kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) COVID-19. Orang-orang tertentu yang tidak mengalami gejala apapun, tetapi ketika diperiksa terpapar COVID-19.

“Si OTG ini, untuk tubuhnya sendiri ya tidak bereaksi apa-apa, tidak menunjukkan gejala apa-apa. Tapi, si OTG ini bisa menularkan virus ke orang lain kalau tidak menerapkan prokes. Sementara orang yang rentan imunnya dan punya bawaan penyakit tertentu, saat terpapar COVID-19 akan menunjukkan gejala-gejala yang tampak seperti batuk, panas suhu tubuh, sesak, dan lain-lain,” kata Ilham. 

Ilham juga berpesan kepada masyarakat agar tidak melabeli negatif kepada korban COVID-19. Seseorang yang terpapar COVID-19 bukanlah aib dan kemudian dilabeli negatif. “Jangan mengucilkan atau menjelekkan yang terpapar COVID-19. Seolah-olah korban adalah pelaku kejahatan. Tolong, bijaklah,” pinta Ilham. 

“Harusnya korban COVID-19 (termasuk keluarganya), harusnya kita semangati, tabah, dan kita doakan segera sembuh. Bukan dikucilkan. Kalau menjaga jarak, berhati-hati tidak terpapar COVID-19, ya itu benar. Tapi sekali lagi, bukan dikucilkan atau dijelek-jelekkan korbannya. Kami berharap Reje-reje berperan aktif untuk memberi dukungan moril kepada warganya yang sedang terpapar dan masa penyembuhan dari COVID-19,” harap Ilham. [Wan Kurnia]


Share Berita

POPULER

TERKAIT

Berita Terbaru

Sayid Abdurrahman Kembali Pimpin PMI Kota Langsa

Sayid Abdurrahman Kembali Pimpin PMI Kota Langsa

Keterangan Foto:Ir. Sayid Abdurrahman, MM kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PMI Kota Langsa. SUARAPUBLIK.CO.ID - Langsa | Ir. Sayid Abdurrahman, MM kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PMI Kota Langsa masa bakti 2021-2026, dalam Musyawarah Kota...

Marzuki Hamid: PMI Mitra Strategis Pemerintah

Marzuki Hamid: PMI Mitra Strategis Pemerintah

Keterangan Foto:Wakil Walikota Langsa, Dr. Marzuki Hamid, MM saat membuka Muskot PMI Kota Langsa, Selasa (12/10/2021). SUARAPUBLIK.CO.ID - Langsa | Wakil Walikota Langsa, Dr. Marzuki Hamid, MM menyebut, Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan mitra strategis pemerintah...

Garda Bangsa Aceh, Targetkan Vaksinasi Massal 1000 Dosis Sinovac

Garda Bangsa Aceh, Targetkan Vaksinasi Massal 1000 Dosis Sinovac

SUARAPUBLIK.CO.ID - Banda Aceh | Garda Bangsa Aceh, menggelar vaksinasi massal di Kantor DPW Partai Kebangkitan Bangsa Aceh, Lampeuneurot Aceh Besar pada Kamis 7 Oktober 2021. Vaksinasi massal yang mengunakana Vaksin Sinovac tersebut di gelar sejak pukul 08:30 Wib itu...

Perkuat Imunitas Santri, Sekda Aceh Bertemu Pimpinan Dayah di Langsa

Perkuat Imunitas Santri, Sekda Aceh Bertemu Pimpinan Dayah di Langsa

Keterangan Foto:Pertemuan Sekda Aceh bersama pimpinan dayah di Kota Langsa. SUARAPUBLIK.CO.ID - Langsa | Sekretaris Daerah Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes kembali melakukan lawatan kerja ke Kota Langsa, Senin, 4 Oktober 2021. Dalam kunjungannya, Taqwallah bertemu sejumlah...

About the Author

Redaksi

Comments

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *